Hubungan antara Komitmen Pernikahan dengan Kepuasan Pernikahan Istri Pasangan Domisili Jarak Jauh

Dedy Kurniady(1), Taufik Taufik(2*),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Hubungan pernikahan jarak jauh merupakan suatu hal yang terpaksa harus dijalani karena beberapa sebab, salah satunya adalah karena tuntutan pekerjaan, hal ini tentunya akan mempengaruhi kepuasan pernikahan sehingga sangat diperlukan komitmen, agar dapat tercapainya kepuasan dalam pernikahan yang dijalani. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan komitmen pernikahan dengan kepuasan pernikahan istri pasangan domisili jarak jauh. Desain penelitian yang digunakan ialah kuantitatif korelasional. Populasi penelitian berjumlah 83 keluarga yang menjalani pernikahan jarak jauh. Sampel diambil dengan menggunakan teknik non probability sampling, jenis purposive sampling, dengan kriteria yang ditentukan yaitu wanita yang memiliki suami, usia pernikahan 6 Bulan- 10 Tahun, serta menjalani hubungan pernikahan domisili jarak jauh dalam rentang waktu bisa bertemu dengan pasangan 6 Bulan- 1 Tahun. Berdomisili di Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar, adapun sampel dalam penelitian ini berjumlah 37 Orang. Data dikumpulkan menggunakan angket model skala likert. Data diolah menggunakan teknik analisis statistik deskriptif, dan untuk menguji hubungan dan dianalisis Pearson Product Moment. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Komitmen Pernikahan Istri yang Menjalani Pernikahan Domisili Jarak Jauh di Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar dengan skor rata-rata 86,3%. 59,5% kebanyakan memiliki komitmen yang sangat tinggi (2) Kepuasan Pernikahan Istri Domisili Jarak Jauh di Kecamatan Salimpaung, Kabupaten Tanah Datar dengan skor rata-rata 67,3%. 56,8% kebanyakan memiliki kepuasan yang sedang. (3) terdapat hubungan positif signifikansi antara komitmen pernikahan dengan kepuasan pernikahan istri pasangan domisili jarak jauh dengan nilai koefisien korelasi 0,586 dan nilai signifikansi 0,000. Artinya semakin tinggi tingkat komitmen pernikahan maka semakin tinggi tingkat kepuasan pernikahan, begitupun sebaliknya semakin rendah tingkat komitmen pernikahan maka semakin rendah pula tingkat kepuasan pernikahan.

Keywords

Komitmen; Pernikahan; Kepuasan; Pernikahan.

References

Asmidir Ilyas. (2005). Peranan Keluarga sebagai Lingkungan Pendidikan di Tengah Derasnya Arus Perubahan Sosial. Ta’dib Jurnal Ilmu Pendidikan, 8(2).

Azhar, S. K., & Daharnis, I. S. (2013). Persepsi Siswa tentang Layanan Informasi Kesehatan Reproduksi Remaja yang Diberikan Guru BK SMAN 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 146–150.

Bimo Walgito. (2004). Pengantar Psikologi Umum. Andi.

Bunging. (2013). Sosiologi Komunikasi: Teori, Paradigma, dan Diskursus Teknologi Komunikasi di Masyarakat Edisi Pertama (Cetakan Keenam). Kencana.

Febriani, F., Syahniar, S., & Zikra, Z. (2015). Permasalahan yang Dialami Lansia dalam Melakukan Penyesuaian Diri di Panti Sosial dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif terhadap Lansia di PSTW Sabai Nan Aluih Sicincin). Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 22–28.

Firman, F., & Syahniar, S. (2015). Pencegahan Pelecehan Seksual Remaja Melalui Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning di Sekolah Menengah Atas (SMA). Researchgate. Net,(Pencegahan Pelecehan Seksual Remaja Melalui Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning Di Sekolah Menengah Atas (SMA)).

Irsandef, A. B., Taufik, T., & Netrawati, N. (2018). Profile of emotional intelligence and spiritual intelligence of adolescents from divorced families. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 4(2), 84–95.

JAUH, P. J., & SUWITO, L. D. (n.d.). HUBUNGAN KOMITMEN DALAM BERPACARAN DENGAN SUBJECTIVE WELL BEING PADA MAHASISWA UKSW SALATIGA YANG MENJALANI HUBUNGAN.

Nurpratiwi, A. (2010). Pengaruh kematangan emosi dan usia saat menikah terhadap kepuasan penukahan pada dewasa awal.

Pandu Winata, Amalia Juniarly, Sayang Ajeng Mardhiyah. (2019). Hubungan antara Komitmen Pernikahan dengan Kepuasan Pernikahan pada Suami dengan Istri yang Bekerja di Kota Palembang. Sriwijaya University.

Prayitno, P. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnamasari, D. (2008). Kesepian Pada Suami Yang Menjalani Perkawinan Jarak Jauh. Skripsi.(Tidak Diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.

Retnowati, S., & Pujiastuti, E. (2004). Kepuasan pernikahan dengan depresi pada kelompok wanita menikah yang bekerja dan yang tidak bekerja. Humanitas: Jurnal Psikologi Indonesia, 1(2), 24553.

Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi kepercayaan diri dan kecerdasan emosi terhadap komunikasi interpersonal siswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling. Konselor, 5(3), 182–193.

Sari, A., Taufik, T., & Sano, A. (2017). Kondisi Kehidupan Rumah Tangga Pasangan Sebelum Bercerai dan Faktor-Faktor Penyebab Terjadinya Perceraian. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 4(3), 41–51.

Sari, M. N., Yusri, Y., & Sukmawati, I. (2015). Faktor penyebab perceraian dan implikasinya dalam Pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 3(1), 16–21.

Serli, M. (2016). Komitmen dan kepuasan pernikahan pada istri yang bekerja. Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim Riau.

Suharsimi Arikunto. (2016). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Rineka Cipta.

Wahyuningsih, A., Surjaningrum, E. R., & Psych, M. A. (2013). Kesejahteraan Psikologis pada Orang dengan Lupus (Odapus) Wanita Usia Dewasa Awal Berstatus Menikah. Jurnal Psikologi Klinis Dan Kesehatan Mental, 2(1), 1–8.

Yendi, F. M., Ardi, Z., & Ifdil, I. (2014). Counseling Services for Women in Marriage Age. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 2(3), 31–36.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00717kons2022
10.24036/00717kons2022

Article Metrics

Abstract View : 305 times
PDF : 180 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.