The Relationship of Parental Social Support to Student Career Planning

Silvia Junita(1*), Azrul Said(2), Zadrian Ardi(3),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

This research is motivated by there are still students who experience difficulties and obstacles in planning their careers. This study aims to describe student career planning, describe parental social support and examine the relationship between parental social support and student career planning. This research is in the form of correlational descriptive with a sample of 269 students. The instrument used was a questionnaire in the form of a Likert scale. From the research results it is known that students' career planning is in the good category, parental social support is in the high category and there is a significant positive relationship between parental social support and student career planning

Keywords

Student Career Planning, Parental Social Support

References

Afdal. (2015). Kolaboratif: Kerangka Kerja Konselor Masa Depan. Jurnal Konselor dan Pendidikan 3(2), 1-7.

Afdal., Iswari, M., Alizamar., Syahputra, Y., & Nurhastuti. (2019). Career Planning Differences Between Male and Female Deaf Student. Jurnal Special Education. 1(39), 99-108.

Afdal., Surya, M., Syamsu., & Uman. (2014). Bimbingan Karir Kolaboratif dalam Pemantapan Perencanaan Karir Siswa SMA. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 3(2), 1-7.

Astarani, D., Nirwana, H., & Daharnis. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Sosial, Persepsi Siswa tentang Dukungan Sosial Orangtua, dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. 5(4), 247-257.

Elmirawati., Daharnis., & Syahniar. (2013). Hubungan antara Aspriasi Siswa dan Dukungan Orangtua dengan Motivasi Belajar serta Implikasinya terhadap Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1), 107-113.

Elviana., Afdal., Yusuf, A. M. (2018). The Career Planning of Young Prisoner at Lembaga Pembinaan Khusus Anak (LPKA) Tanjung Pati. Proceeding. 762-768.

Fadli, R. P., Alizamar., & Afdal. (2017). Persepsi Siswa tentang Kesesuaian Arah Perencanaan Karir Berdasarkan Pilihan Keahlian Siswa Menengah Kejuruan. Jurnal Konselor. 6(2), 74-82.

Febriani, R. D., Yusuf, A. M., & Iswari, M. (2016). Perbedaan Aspirasi Karir Siswa ditinjau dari Jenis Kelamin, Jurusan dan Tingkat Pendidikan Orangtua serta Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. 5(3), 160-170.

Juliana., Ibrahim, I., & Sano., A. (2014). Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1), 1-7.

Karneli, Y., Firman., & Netrawati. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif Siswa dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Jurnal Ilmu Pendidikan. 18(2), 113-119.

Latif, A., Yusuf, A. M., & Effendi, Z. M. (2017). Hubungan Perencanaan Karir dan Efikasi Diri dengan Kesiapan Kerja Mahasiswa. Jurnal Konselor. 6(1), 29-38.

Muyana, S., Firman., Syahniar. (2018). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Menggunakan Media Audio Visual untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling.

Putra, A.K., Firman., & Syahniar. (2019). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share untuk Meningkatkan Keterampilan Bertanya Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling. 1(1), 1-10.

Rahmawati., Neviyarni., & Firman. (2014). Hubungan Motivasi Kerja dan Dukungan Sosial Kepala Sekolah dengan Pelaksanaan Tugas Guru BK di SMPN Kab. Kerinci. Jurnal Konselor. 3(3), 93-99.

Saragi, M. P. D., Iswari, M., & Mudjiran. (2016). Kontribusi Konsep Diri dan Dukungan Orangtua terhadap Motivasi Belajar Siswa dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. 5(1), 1-14.

Sulusyawati, H., Yusuf, A. M., & Daharnis. (2017). Perencanaan Karir Siswa ditinjau dari Status Sosial Ekonomi, Jenis Kelamin, dan Jurursan. Jurnal Bikotetik. 1(1), 0-36.

Violina, E. I., Daharnis., & Marjohan. (2015). Perbedaan Kematangan Karir Mahasiswa Tahun Masuk 2014 Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang ditinjau dari Gaya Pembuatan Keputusan dan Jenis Kelamin. Jurnal Konselor. 4(2), 50-57.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00251kons2020
10.24036/00251kons2020

Article Metrics

Abstract View : 361 times
PDF : 369 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.