Hubungan Manajemen Waktu dengan Prokrastinasi Akademik Siswa

Thessia Permata Bunda(1*), Afrizal Sano(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini didasarkan oleh adanya siswa yang lalai akan tugas-tugas sekolah, jenuh akan tugas, tidak dapat memprioitaskan yang harus diselesaikan telebih dahulu. Hal ini dapat dipicu oleh kelemahan siswa dalam memanajemen waktu. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan manajemen waktu siswa, (2) mendeskripsikan prokrastinasi akademik siswa, dan (3) menguji tingkat signifikansi hubungan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa. Jenis penelitian ini menggunakan deskriptif korelasional, populasi penelitian adalah siswa kelas XI dan XII SMA Pertiwi 1 Padang dengan sampel 223 orang siswa, instrumen yang digunakan yaitu angket. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa (1) kemampuan manajemen waktu siswa berada pada kategori tinggi, (2) tingkat prokrastinasi siswa berada pada kategori rendah, dan (3) terdapat hubungan negatif dan signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik siswa dengan nilai korelasi -0,510 pada tingkat hubungan yang sedang. Berdasarkan hasil data penelitian yang diperoleh dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang negatif signifikan antara manajemen waktu dengan prokrastinasi akademik, dimana semakin baik manajemen waktu maka semakin rendah prokrastinasi akademik siswa.


Keywords

Manajemen Waktu; Prokrastinasi Akademik

References

Aklima, Y., Supriyanto, A., & Antara, U. (2018) Upaya Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok (Pada Masa Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 1 Muara Batu). 6, 919-927.

Antoni, F., Taufik, Yendi, F. M., & Yuca, V. (2019). Peningkatan Locus of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 4, 39–47. https://doi.org/10.23916/08399011

Ariyanto, R., Netrawati, N., & Yusri, Y. (2019). Relationship between self-control and academic procrastination in completing thesis. Jurnal Neo Konseling, 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/00119kons2019

Atkinson, P. E. (1990). Manajemen Waktu yang Efektif (A. Maulana MSM (ed.). Jakarta: Banarupa Aksara.

Fahmi, S., & Sukma, D. (2021). The Relationship of Peer Conformity with Student Disipline in School. Jurnal Neo Konseling. Volume 1 Number 2.

Gusniwilda, A., Syukur, Y., & Nurfarhanah. (2014). Sikap dan Kebiasaan Belajar Mahasiswa. Konselor.

Volume 3, Number 2.

Khairunisa., Yusuf, A. M., & Firman. (2022). Implementasi Teknik Self Manajement untuk Mereduksi Perilaku Prokrastinasi Akademik Pada Mahasiswa S1. Jurnal Mahasiswa BK An-Nur. Volume 8 Nomor 2.

Mandasari, D., & Nirwana, H. (2019). Relationship Of Self-Control With Student Academic Procrastination. 1(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/00103kons2019

Nafeesa. (2018). Faktor-faktor yang Mempengaruhi Prokrastinasi Akademik Siswa yang Menjadi Anggota Organisasi Siswa Intra Sekolah. Jurnal Antropologi Sosial dan Budaya, 4(1), 53-67.

Nariza, S., Sano, A., & Zulkifli. (2017). Hubungan Kemampuan Menyelesaikan Tugas Pelajaran dengan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding|Semarak 50 Tahun Jurusan BK FIP UNP, April.

Nitami, M., Daharnis., & Yusri. (2015). Hubungan Motivasi Belajar dengan Prokrastinasi Akademik.

Konselor. Volume 4, Number 1.

Pramudiastuti, N. K., & Firman, F. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Menggunakan Pendekatan Contextual Teaching and Learning (CTL) dengan Prinsip Konstruktivisme untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Ilmiah Konseling, 2, 1–10.

Saputra, H. R., Alizamar, & Afdal. (2020). Relationship of Confidence with Academic Procrastination of Middle School Students and Its Implications in Guidance and Counseling. 2(1), 1–10. https://doi.org/10.24036/00249kons2020

Saputri, D., Ilyas, A., & Ardi, Z. (2020). The Relationship of Self Regulation with Academic Procrastination of Students. 2(2), 1–7. https://doi.org/10.24036/00271kons2020

Syahrin, M. A., Taufik, Yendi, F. M., & Yuca, V. (2019). Penerapan Layanan Penguasaan Konten Untuk Mengurangi Prokrastinasi Akademik Siswa. Schoulid: Indonesian Journal of School Counseling, 4, 69–75.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00720kons2023
10.24036/00720kons2023

Article Metrics

Abstract View : 377 times
PDF : 263 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.