Hubungan Locus of Control dengan Kematangan Karier Siswa Hasil Belajar Rendah

Millenia Millenia(1*), Taufik Taufik(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Kematangan karier dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya locus of control. Apabila siswa memiliki locus of control internal yang tinggi, maka siswa akan merasa yakin akan kemampuan dan usaha yang dilakukannya. Kenyataannya masih ada siswa yang kurang yakin dengan kemampuan dan usaha yang dilakukannya dan lebih mempercayai nasib dan bantuan orang lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) locus of control, (2) kematangan karier, dan (3) hubungan antara locus of control dengan kematangan karier siswa hasil belajar rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif-korelasional. Subjek dalam penelitian ini adalah 74 orang siswa hasil belajar rendah di SMK Negeri 3 Tebo. Pengumpulan data menggunakan inventori locus of control dan angket kematangan karier. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan teknik persentase dan Pearson Product Moment Correlation. Temuan penelitian menunjukkan bahwa: (1) kebanyakan (47,24%) siswa hasil belajar rendah memiliki locus of control internal, yang berarti kebanyakan siswa hasil belajar rendah lebih percaya pada kemampuan yang mereka miliki dan upaya yang mereka lakukan, (2) rata-rata skor capaian kematangan karier siswa hasil belajar rendah adalah 152,8 (67,91%) yang tergolong tinggi, dan (3) terdapat hubungan antara locus of control dengan kematangan karier siswa hasil belajar rendah dengan koefisien korelasi sebesar -0,311 dan pada taraf kepercayaan 95%. Artinya semakin tinggi locus of control siswa hasil belajar rendah maka semakin rendah kematangan karier siswa.

Keywords

Locus of Control; Kematangan Karier; Hasil Belajar.

References

Alfitrah, R. S., & Taufik, T. (2021). The Correlation between Self-Confidence with Career Planning at Santri Pesantren Nurul Yaqin Ambung Kapur Padang Pariaman. Jurnal Neo Konseling, 3(2), 68–74. https://doi.org/10.24036/00422kons2021

Antoni, F., Yendi, F. M., & Taufik, T. (2019). Peningkatan Locus of Control dalam Mereduksi Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 4(2), 39–47. https://doi.org/10.23916/08399011

Aryadi, E. N. A., Sulistiani, W., & Mahastuti, D. (2021). Hubungan antara Konsep Diri dan Internal Locus of Control dengan Kematangan Karier Pada Siswa SMK “X” Surabaya. Prosiding Temu Ilmiah Nasional (TEMILNAS XII), 162–169.

Asri, R., Yusuf, A. M., & Afdal, A. (2021). Peningkatan Kematangan Karir Siswa dengan Teori Holland. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 6(2), 121–132. https://doi.org/10.23916/08935011

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. (2004). Kurikulum SMK Edisi 2004.

Fadli, R. P., Mudjiran, M., Ifdil, I., & Amalianita, B. (2019). Peluang dan Tantangan Bimbingan Karir di Sekolah Menengah Kejuruan Pada Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 5(2), 102–108. https://doi.org/10.29210/120192395

Fatmasari, D. (2016). Hubungan Antara Konsep Diri dan Dukungan Orang Tua dengan Kematangan Karier pada Siswa SMA [Universitas Muhammadiyah Surakarta]. http://eprints.ums.ac.id/id/eprint/46319

Fitri, E., & Khairani. (2019). Independence Of SMK Class XI Students is Making Career Decision. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6.

Hamzah, A. (2019). Kematangan Karier Teori dan Pengukurannya. Literasi Nusantara.

Husna, K. R., Taufik, & Netrawati. (2017). Hubungan Dukungan Sosial Orangtua dengan Minat Pilihan Karir Siswa. International Counselingand Education Seminar: The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 170–180. http://bk.fip.unp.ac.id/ices2017|pp:170-180

Ismadi. (2016). Layanan Informasi Karier Tehnik E-Learning Memantapkan Pilihan Karier Siswa Kelas X SMA. Counsellia: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 4(1).

Junita, S., Said, A., & Ardi, Z. (2020). The Relationship of Parental Social Support to Student Career Planning. Jurnal Neo Konseling, 2(1), 1–5. https://doi.org/10.24036/00244kons2020

Latifa, A., Firman, & Ahmad, R. (2021). Formation of Minangkabau Youth Career Maturity Through Baliak Ka Surau Culture. Literasi Nusantara, 2(1), 465–472. https://doi.org/10.21107/literasinusantara.v2n1.303

Munawir, Yusuf, A. M., Effendi Mawardi, & Afdal. (2018). Internal Locus of Control and self-Concept as Factors Affecting the Career Maturity of High School Students. International Journal of Research in Counseling and Education, 2(1), 24–31.

Nengsih, Firman, & Iswari, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok Terhadap Perencanaan Arah Karier Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Konselor, 4(3), 136–146.

Nugroho, S. R., & Maryadi, T. H. T. (2014). Pengaruh Locus of Control dan Konsep Diri Terhadap Kematangan Karir Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Ketenagalistrikan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Elektro, 3(4), 312–319. http://journal.student.uny.ac.id/

Nulhusni, N., & Marjohan. (2019). Relationship of Locus of control with Middle School Student Disipline. Jurnal Neo Konseling, 1(3), 1–9. https://doi.org/10.24036/00129kons2019

Nuryatin, A. (2016). Analisis Kematangan Karier Mahasiswa Ditinjau dari Self Efficacy dan Locus of Control. Jurnal Equilibrium, 14, 84–88.

Pratiwi, I. D., & Netrawati. (2021). The Relationship Between Self-Concept and Direction of Student Career Maturity at SMK Negeri 6 Padang. Jurnal Neo Konseling, 3(1), 111–118. https://doi.org/10.24036/00365kons2021

Rahmi, F., & Puspasari, D. (2017). Kematangan Karir ditinjau dari Jenis Kelamin dan Jenis Sekolah di Kota Padang. Jurnal RAP, 8(1), 24–35.

Saifuddin, A. (2018). Kematangan Karier: Teori dan Strategi Memilih Jurusan dan Merencanakan Karier. Pustaka Pelajar.

Savickas, M. L. (2005). The Theory and Practice of Career Construction. Dalam Career Development and Counselling: Putting Theory and Research to Work (hlm. 42–70). Wiley.

Savickas, M. L., & Porfeli, E. J. (2011). Revision of the career maturity inventory: The adaptability form. Journal of Career Assessment, 19(4), 355–374. https://doi.org/10.1177/1069072711409342

Sharf, R. S. (2013). Applying Career Development Theory to Counseling (Sixth Edition). Brooks/Cole Cengange Learning.

Sholihah, U. (2017). Hubungan Antara Locus of Control dengan Kematangan Karir pada Siswi Kelas XI Jurusan Administrasi Perkantoran SMKN 1 Sooko Mojokerto [Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim Malang]. http://etheses.uin-malang.ac.id/9121/

Sujadi, E., & Setioningsih, L. (2018). Perbedaan Locus Of Control Ditinjau dari Etnis. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Terapan, 2(2), 128–138. http://ojs.unpatti.ac.id/index.php/bkt

Sujadi, E., Yusuf, A. M., & Marjohan. (2016). Hubungan antara Locus Of Control dan Efektivitas Komunikasi antar Pribadi dengan Problem Focused Coping. Konselor, 5(1), 24–32.

Wulandari, A., & Nirwana, H. (2019). Differences of Career Decision Making in Senior High School’s Student Based on Gender. Jurnal Neo Konseling, 1(4), 1–6.

Zetrizal, & Netrawati. (2021). Maturity of Student Career Planning in MAN 1 Agam. Jurnal Neo Konseling, 3(1).


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00711kons2023
10.24036/00711kons2023

Article Metrics

Abstract View : 203 times
PDF : 136 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.