Kelekatan Orang Tua terhadap Perkembangan Karakter Anak Usia Dini

Diniati Zahra(1*),

(1) 
(*) Corresponding Author




Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui kelekatan antara orang tua dan anak dalam perkembangan karakter anak usia dini. Artikel ini menggunakan metode sistematik riview. Pengumpulan data dalam artikel ini menggunakan goggle scholar. Pengumpulan dari artikel yang relevan terhadap artikel ini sebanyak 20 artikel. Berdasarkan sistematik riview tersebut startegi dan pola kelekatan orang tua terhadap perkembangan karakter anak usia dini akan dideskripsikan dalam artikel ini.


Keywords

kelekatan, orang tua,karakter, anak usia dini

References

Akmalia, I., Intan Rahayuningsih, S., Program Studi Ilmu Keperawatan Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, M., & Keilmuan Keperawatan Anak Fakultas Keperawatan Universitas Syiah Kuala Banda Aceh, B. (2018). Attachment (Kelekatan) Ibu Dan Anak Dengan Perkembangan Sosial Emosional Bayi Attachment of Mother and Child To Social Emotional Development of Infant. III(3), 365.

Anapratiwi, D., Sularti, S., Handayani, D., & Kurniawati, Y. (2013). Hubungan Antara Kelekatan Anak pada Ibu dengan Kemampuan sosialisasi anak usia 4-5 tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Education Studies, 2(2), 21–28.

Asy, H., & Ariyanto, A. (2019). Gambaran keterlibatan ayah dalam pengasuhan anak (Paternal Involvement) di Jabodetabek. Intuisi : Jurnal Psikologi Ilmiah, 11(1), 37–44.

Cenceng, C. (2015). Perilaku Kelekatan Pada Anak Usia Dini. Lentera, IXX(2), 141–153. https://en.wikipedia.org/wiki/John_Bowlby.

Erika Ayu, L., Sofia, A., & Irzalinda, V. (2022). Pentingnya Kelekatan Ibu Membangun Kecerdasan Sosial Emosional Anak Usia 5 – 6 Tahun. Jurnal Pendidikan Anak, 8(1), 9–16. https://doi.org/10.23960/jpa.v8n1.23743

Jamil, Z. A., Kuswardani, M. E., & Hidayat. (2020). Kelekatan Anak terhadap Orang Tua dalam Pembentukan Kemandirian di Taman Kanak-Kanak As-Salam Kota Jambi. GENERASI EMAS: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 3(2), 107–120.

Lestari, N. G. A. M. Y. (2019). Parenting Program to Raise Awareness of the Importance of Parental Involvement in Early Childhood Education. Pratama Widya: Journal of Early Childhood Education, 4(1), 8–17.

Nooraeni, R. (2017). Implementasi Program Parenting Dalam Menumbuhkan Perilaku Pengasuhan Positif Orang Tua Di PAUD Tulip Tarogong Kaler Garut. Jurnal Pendidikan Luar Sekolah, 13(2), 31–41.

Nora, M. O. (2015). Pengaruh Kelekatan dan Harga Diri Terhadap Kemampuan Bersosialisasi Anak. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 9(2), 379–388.

Nuraeni, S. (2021). Analisis Kelekatan Antara Ibu yang Bekerja Dengan Anak Usia Dini (Penelitian Studi Deskriptif Kualitatif pada Ibu yang Bekerja di Salah Satu Taman Kanak-kanak di Purwakarta). Universitas Pendidikan Indonesia.

Nurhayati, H. (2015). Hubungan kelekatan aman (secure attachment) anak pada orangtua dengan kemandirian anak kelompok B TK PKK 37 Dodogan Jatimulyo Dlingo Bantul. Pendidikan Guru PAUD S-1, 4(9).

Pardede, E. N., Supena, A., & Fahrurrozi, F. (2018). Hubungan kelekatan orangtua dan regulasi diri dengan kemampuan sosial anak. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 12(1), 37–50.

Pertiwi, J. (2019). Systematic Review: Faktor Yang Mempengaruhi Akurasi Koding Diagnosis Di Rumah Sakit. Smiknas, 41–50. http://ojs.udb.ac.id/index.php/smiknas/article/view/692

Pradana, J. M., Dewi, D. A., & Furnamasari, Y. F. (2021). Karakter Anak Terbentuk Berdasarkan Didikan Orang Tua dan Lingkungan Sekitar. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 7834–7840.

Prasanti, D., & Fitrianti, D. R. (2018). Pembentukan Karakter Anak Usia Dini: Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas. Pembentukan Anak Usia Dini : Keluarga, Sekolah, Dan Komunitas, 2(1), 15.

Purnomo, H. (2013). Peran Orang Tua dalam Optimalisasi Tumbuh Kembang Anak untuk Membangun Karakter Anak Usia Dini. Prosiding Seminar Nasional Parenting, 34–47.

Ramadhanti, D. F., Agustin, M., & Rachmawati, Y. (2021). Hubungan antara kelekatan pada ayah dengan kecerdasan emosional anak usia dini. Edukids: Jurnal Pertumbuhan, Perkembangan, Dan Pendidikan Anak Usia Dini, 18(1), 54–62.

Samiaji, M. H. (2019). Perkembangan Karakter Mandiri dan Jujur Pada Anak Usia Dini (Studi Kasus Anak-Anak KB Wadas Kelir Purwokerto Selatan). ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 7(2), 295. https://doi.org/10.21043/thufula.v7i2.6490

Santika, I. G. N., Kartika, I. M., & Wahyuni, N. W. R. (2019). Pendidikan Karakter: Studi Kasus Peranan Keluarga Terhadap Pembentukan Karakter Anak Ibu Sunah Di Tanjung Benoa. Jurnal Kajian Pendidikan Widya Accarya FKIP Uiversitas Dwijendra, 2085, 56–66. http://ejournal.undwi.ac.id/index.php/widyaaccarya/article/download/864/785

Sari, N., Rini, R., & Irzalinda, V. (2019). Kelekatan pada Ibu dengan Kemandirian Anak Usia 5-6 Tahun. Indonesian Journal of Early Childhood Issues, 2(1).

Sari1, S. L., Devianti, R., & SAFITRI, N. (2018). Kelekatan Orangtua untuk Pembentukan untuk Pembentukan Karakter Anak. Educational Guidance and Counseling Development Journal, 1(1), 16. https://doi.org/10.24014/egcdj.v1i1.4947

Surahman, B. (2021). Korelasi Pola Asuh Attachment Parenting Terhadap Perkembangan Emosional Anak Usia Dini. In CV. Zigie Utama.

Widianto, E. (2015). Peran Orangtua Dalam Meningkatkan Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Dalam Keluarga. Jurnal PG-PAUD Trunojoyo: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Anak Usia Dini, 2(1), 31–39.

Widodo, A. (2020). Penyimpangan Perilaku Sosial Ditinjau dari Teori Kelekatan Bowlby (Studi Kasus Terhadap Anak Tenaga Kerja Wanita di Lombok Barat). ENTITA: Jurnal Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Dan Ilmu-Ilmu Sosial, 2(1), 35–50.

Zahra, D., & Eliza, D. (2021). Pengaruh latar belakang pendidikan dan pekerjaan orang tua terhadap kemampuan membimbing matematika anak pada taman kanak-kanak di Kecamatan Koto Tangah. Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(2), 78–85.




DOI: 10.24036/00686kons2023
10.24036/00686kons2023

Article Metrics

Abstract View : 254 times


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.