Pengembangan Panduan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Siswa dalam Pencegahan Penyalahgunaan Narkoba
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Univeristas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
BNN. (2016). Hasil Survei Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba Pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa Di 18 Provinsi Tahun 2016. Ringkasan Eksekutif BNN. Jakarta.
BNN & PUTLITKES UI. (2016). Hasil Survey Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba pada Kelompok Pelajar dan Mahasiswa di 18 Provinsi tahun 2016. Ringkasan Eksekusi BNN. Jakarta.
Burlian, P. (2016). Patologi Sosial. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto. (2013). Menyusun modul bahan ajar untuk persiapan guru dalam mengajar. Yogyakarta: Penerbit Gama Media.
Dalimunthe, H., Firman, F., & Bentri, A. (2021). Development of Group Counseling Service Guidelines for Increasing Student Religiosity in Drug Abuse Prevention. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 5(1), 14–22.
Firman, F., Karneli, Y., & Hariko, R. (2018). Improving students’ moral logical thinking and preventing violent acts through group counseling in senior high schools. Advanced Science Letters, 24(1), 24-26.
Frankl, V.E. 2006. Logoterapi: Terapi Melalui Pemaknaan Eksistensi, Yogyakarta : Kreasi Wacana.
Fidiawati, L., Firman, F., & Solfema, S. (2020). Development of Group Counseling Guidelines for Student Self Control Improvement in Prevention of Drug Abuse. Jurnal Aplikasi IPTEK Indonesia, 4(1), 24–31.
Firman, F., Karneli, Y., Fidiawati, L., Izzati, R., & Dalimunte, H. (2020). Intervensi Penyalahgunaan Narkoba Melalui Bimbingan Kelompok (Pertama). Malang.
Harlina & Rahmi. (2018). Pengembangan Perilaku Asertif untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 4(1).
Humairo, D., Nursalim, M., Pratiwi, T. I., & Nuryono, W. (2013). Pengembangan Buku Panduan Studi Lanjutan untuk Siswa SMA Kelas XI. Jurnal BK Unesa, 3(1), 248–255.
Kasim, S. N. O. (2017). Pengembangan panduan permainan tradisional bugis-makassar dalam meningkatkan keterampilan sosial Siswa. Jurnal Psikologi Pendidikan & Konseling, 3(1), 45–52.
Kholik, S. (2014). Faktor-faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkoba pada klien rehabilitasi narkoba di poli napza RSJ Sambang Lihum. Jurnal Skala Kesehatan, 5(1).
Martono, H. (2005). Modul latihan pemulihan pecandu narkoba berbasis masyarakat. Jakarta: Balai Pustaka.
Martono, Herlina, L & Joewana, S. (2006). Pencegahan dan penanggulangan penyalahgunaan narkoba berbasis sekolah. Jakarta: Balai Pustaka.
Mulyasa, E. (2004). Kurikulum Berbasis Kompetensi: Konsep, Karakteristik dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Nababan, BS. 2008. Analisis Kriminologi dan Yuridis terhadap Penyalahgunaan Narkoba yang dilakukan Oleh anak. Skripsi Departemen hokum Pidana Fakultas Hukum Universitas Sumatera Utara medan
Nengsih, N., Firman, F., & Iswari, M. (2015). Pengaruh layanan bimbingan kelompok terhadap perencanaan arah karier siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Konselor, 4(3), 136–146.
Pertiwi, A., Karneli, Y., & Afdal, A. (2019). Description of Adolescent Understanding of the Dangers of Drug Abuse. International Journal of Applied Counseling and Social Sciences, 1(1), 40-47.
Putri & Neviyarni S. (2013). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba di sekolah. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 121–135.
Pratiwi, L. R. 2011. Hubungan kebermaknaan hidup dengan self esteem pada penghuni/siswa pusat rehabilitas narkoba rumah damai: Jurnal Pendidikan, 21 (3).
Prayitno. (2004). Seri kegiatan pendukung konseling. L1-l9. (Universitas Negeri Padang, Ed.). Padang.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. PPK BK FIP UNP.
Ridhayanti, S., Yusran, S., & Lestari, H. Hubungan antara pengetahuan, keterjangkauan narkoba, dan lingkungan masyarakat terhadap penyalahgunaanparacetamol, caffein, carisoprodol (pcc) di kota Kendari tahun 2017. (Jurnal Ilmiah Mahasiswa Kesehatan Masyarakat), 3(1).
Siregar. 2004. Faktor-faktor yang mempengaruhi penyalahgunaan narkotik pada remaja. Jurnal Pemberdayaan, 3 (1), 100-105.
Sofah, Harlina & Putri, R, M. (2018). Pengembangan perilaku asertif untuk pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui layanan bimbingan kelompok. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 23-24.
Strang, J., & Gossop, M. (Eds.). (1994). Heroin addiction and drug policy: the British system (Vol. 1). Oxford: Oxford University Press
Sudjana, N. (2002). Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung: Sinar Baru Algensido Offset.
Tarigan, H. G. (2009). Menulis Sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung: Angkasa.
Undang-Undang Negara Republik Indonesia Nomor 22, Tahun 1997, tentang Narkotika.
Vogel, E. A., Prochaska, J. J., & Rubinstein, M. L. (2019). Measuring e-cigarette addiction among adolescents. Tobacco Control, tobaccocontrol-2018.
DOI: 10.24036/00566kons2021
Article Metrics
Abstract View : 407 timesPDF : 315 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.