PEER CONFORMITY AND STUDENTS BULLYING BEHAVIOR AND IMPLICATIONS FOR GUIDANCE AND COUNSELING SERVICES
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Adilla, N. (2009). Pengaruh Kontrol Sosial Terhadap Perilaku Bullying Pelajar di Sekolah Menangah Pertama. Jurnal Kriminologi FISIP Univeritas Indonesia, 5 (1),56-57.
Amini, S.J. (2008). Bullying Mengatasi Kekerasan di Sekolah dan Lingkungan Sekitar Anak. Jakarta: Gramedia.
Asrori, M. (2008). Memahami dan Membantu Perkembangan Peserta Didik. Pontianak: UNTAN Press.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Yogyakarta: Rineka Cipta.
Beane, Allan L. (2008). Protect Your Child From Bullying: Expert Advice to Help You Recognize, Prevent, and Stop Bullying Before Your Child Gets Hurt. San Francisco: Jossey Bass.
Chinthia, R.R, & Kustanti, E.R.(2017). Hubungan Konformitas dengan Prokrastinasi Akademik Mahasiswa. Jurnal Empati, 6(2),31-37.
Cowie, H., Naylor, P., Rivers, I., Smith, P., & Pereira,B (2002). Measuring Workplace Bullying.Agression and Violet Behaviour, 33-51.
Daryanto & Farid,M. (2015). Bimbingan Konseling (Panduan Guru BK dan Guru Umum). Yogyakarta: Gava Media.
Desneli, D., Firman, F., & Sano, A. (2016). Peningkatan penyesuaian diri siswa melalui layanan informasi. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 9-13.
Dianes, M. & Alizamar. (2019). The Tendency of Bullying Behavior in SMPN 12 Padang and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling, 4 (1).
Donnellan, C, & Firth, L. (2006). Bullying. Cambridge: Educational Publishers Cambridge.
Epley, N & Gilowich, T. (1999). Just Going Along: Nonconscious Primming and Conformity to Social Pressure. Jurnal of Experimental Social Psychology, 578-589.
Fauzan. (2018). Hubungan Kontrol Diri dan Konformitas Teman Sebaya dengan Perilaku Merokok Serta Implikasinya pada Layanan Informasi. Tesis. Tidak diterbitkan. Padang: FIP UNP.
Fataruba,R. (2016). Peran Tekanan Teman Sebaya terhadap Perilaku Bullying pada Remaja di Sekolah. Seminar ASEAN 2nd Psychology and Humanity Universitas Muhammadiyah Malang.
Fitria, Daharnis, & Sukma, D. (2013). Persepsi Siswa Tentang Perilaku Seksual Remaja dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 202-207.
Hadi, M. F.Z., Yusuf, A. M., & Syahniar, S. (2013). Pemahaman Konselor Sekolah tentang Tugas Perkembangan Siswa dan Layanan yang Diberikan. Konselor, 2(1).
Hidayat. H, Yusri, Ilyas. A. (2013). Profil Siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Konselor,2(2).
Hoog, M.A, & Tindale, R. (2001). Blackwell Handbook of Social Psychology Group Process. USA : Blackwell Publisher.
Hurlock, E. (2001),Child Development 5th edition. Jakarta: Erlangga.
Juliana, J., Ibrahim, I., & Sano, A. (2014). Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 2(1), 1-7.
Kamsiah, F. (2017). Perilaku Bullying dan Faktor Penyebabnya. Skripsi. Tidak diterbitkan. Padang: BK FIP UNP.
Laili, Y & Ilyas, A. (2019). Hubungan Konformitas Teman Sebaya dengan Motivasi Belajar di SMA Adabiah Padang. Jurnal Neo Konseling. No. 2 Vol.1.
Laursen, E.K. (2005). “Rather Than Fixing Kids- Buid Positive Peer Cultures. Reclaiming Children and Youth”. ProQuest Education Journals, 14 (3): 137-142.
Lubis, N.L. (2011). Memahami Dasar-dasar Konseling dalam Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana.
Maulani, F. (2011). Hubungan Konformitas dengan Perilaku Konsumtif Pada Remaja Putri di SMA Negeri 4 Padang. Skripsi. Tidak diterbitkan. Padang: FIP UNP.
Melchionayusni, Zikra, & Said, A. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2).
Monks, F.J., dkk. (2004). Psikologi Perkembangan dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada Press.
Myers, D.G. (2012) . Psikologi Sosial. Jakarta: Salemba Humanika.
Olfakhrina, O., Syahniar, & Nirwana, H. (2014). Pelaksanaan Layanan Bimbingan Kelompok untuk Menyiapkan Mental Siswa Menghadapi Ujian Nasional. Konselor, Vol.3. (No.2).
Pratama, R., Syahniar, & Karneli, Y. (2016). Perilaku Ageresif Siswa dari Keluarga Broken Home. Jurnal Konselor. 5(4), 238-246.
Prasetyo, A. B. E. (2011). Bullying di Sekolah dan Dampaknya bagi Masa Depan Anak. Jurnal Psikologi. No. 1. Vol. IV.
Pratiwi, S.W., & Sukma, D. (2013). Komunikasi Interpersonal Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling.Jurnal Ilmiah Konseling, 2(1), 324-329.
Prayitno. (2008) . Dasar Teori dan Praksis Pendidikan. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.
Prayitno. (2012). Jenis Layanan dan Kegiatan Pendukung Konseling. Padang: FIP UNP.
Prayitno, E. (2006). Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: Angkasa Raya.
Priyatna, A. (2010). Let`s End Bullying: Memahami, Mencegah, & Mengatasi Bullying. Jakarta: Elex Media Komputindo.
Saifullah. (2016). Hubungan antara Konsep Diri dengan Perilaku Bullying pada Siswa- siswi SMP (SMP Negeri 16 Samarinda). eJournal Psikologi, 200- 214.
Sanders, C.E, & Phye, G.D. (2004). Bullying Implications for the Classroom. California: Elsevier Academic Press.
Santrock, J. W. (2003) . Adolescence”Perkembangan Remaja”. Jakarta : Erlangga.
Santrock, J.W (2007). Remaja: Perkembangan Masa Hidup. Jakarta: Erlangga.
Santrock, J.W (2012). Life Span Development (Fourthteennth Edition). University of Texas at Dallas: The McGraw Hill Companies.
Saputro, B.M., & Soeharto, T.N.E. (2012). Hubungan Antara Konformitas Teman Sebaya dengan Kecenderungan Kenakalan pada Remaja. Jurnal Psikologi, 10(1).
Sripurwaningsih, I.M. (2017). Hubungan Perundungan (Bullying) dengan kepercayaan Diri Siswa Kelas X SMA Muhammadiyah 1 Karanganyar Tahun Ajaran 2016/2017. Skripsi. Surakarta: Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan IAIN Surakarta.
Setiawan, A, & Alizamar. (2019). Relathionship Between Self Control and Bullying Behavior Trends in Students of SMP N 15 Padang. Jurnal Neo Konseling, 1(4).
Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.
Tohirin. (2007). Bimbingan dan Konseling di Sekolah dan Madrasah (Berbasis Integrasi). Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Yunika, R., Alizamar, A., & Sukmawati, I. (2013). Upaya Guru Bimbingan dan Konseling dalam Mencegah Perilaku Bullying di SMA Negeri Se Kota Padang. Konselor, 2(3).
Zed. (2014). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
DOI: 10.24036/00283kons2020
Article Metrics
Abstract View : 1150 timesPDF : 786 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.