Regular Student Social Acceptance of Inclusive Students and Inclusion of Student's Confidence and Implications for Counseling Services
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Afitian, B. A. (1990). Konsep Diri, Harga Diri, dan Kepercayaan Diri. Jurnal Psikologi.
Asranti, F. B. (2016). Tingkat Penerimaan Sosial Terhadap Keberadaan Siswa Difabel di MAN Maguwoharjo. Jurnal Bimbingan dan Konseling.
Danial, W. (2009). Metode Penulisan Karya Ilmiah. Bandung: Laboratorium Pendidikan Kewarganegaraan UPI.
Dulisanti, R. (2015). Penerimaan Sosial Dalam Proses Pendidikan Inklusi (Studi Kasus Pada Proses Pendidikan Inklusi di SMK Negeri 2 Malang). Indonesian Journal of Disability Studies.
Fatimah, E. (2010). Psikologi Perkembang (Perkembangan Peserta Didik). Bandung: Pustaka Setia.
Halimatusaa'diah. (2016). Pengaruh Berpikir Positif Orang Tua Terhadap Kepercayaan Diri Anak Berkebutuhan Khusus Tunadaksa di Sekolah Dasar Inklusi Kota Banjarmasin. Skripsi, Ushuluddin dan Humaniora.
Hermansyah. (2015). Dinamika kepercayaan diri pada anak tunarungu: Studi kasus di Sekolah Dasar Luar Biasa Putra Jaya Malang. Undergraduate thesis, Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.
Hurlock, E. B. (1978). Perkembangan Anak. Jakarta: Erlangga.
Hyland, M. N. (2003). The Role of Confidence in Lifelong Learning. Educational.
Irawati, N. (2015). Hubungan Antara Empati Dengan Penerimaan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa ABK Di Kelas Inklusi (SMP N 2 SEWON). Indonesian Bimbingan dan Konseling.
Jonathan & Sarwono. (2006) Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Mardalis. (1999). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: Bumi Aksara.
Nela, R, Taufik. (2019). Relathionship of Self Confidence and Academic Procrastination Students S1 Guidance and Counseling FIP UNP. Neo Konseling.
Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia No 70 Tahun 2009 tentang Pendidikan Inklusi Bagi Peserta Didik yang Memiliki Kelainan dan Memiliki Potensi Kecerdasan dan/atau Bakat Istimewa.
Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014 tentang Bimbingan dan Konseling pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.
Prayitno, Mungin, E, B, Marjohan, Heru, M, & Ifdil. (2013). Pembelajaran Melalui Pelayanan BK di Satuan Pendidikan. Jakarta: ABKIN.
Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Konselor.
Putri, A. A. (2019). Hubungan Antara Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Interaksi Sosial di Balai Besar Rehabilitasi Sosial Penyandang Disabilitas Fisik (BBRSPDF) PROF. DR SOEHARSO. Skripsi thesis, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Rich, S. M., & Wuest, D. A. (1983). Self-Confidence and the Physically Handicapped Mainstreamed Child (SPECIAL POPULATIONS). Physical Educator.
Santrock, J. W. (2003). Adolescence (Perkembangan Remaja). Jakarta: Erlangga.
Schwab, S. G. (2016). Social Acceptance of Students with Down Syndrome And Students Wihout Disability. An International Journal of Experimental Educational Psychology.
Setyabudi, A. (2018). Hubungan Persepsi dan Penerimaan Sosial Siswa Reguler Terhadap Siswa Berkebutuhan Khusus. Eprints.umm.
Sinthia, R. (2011). Hubungan Antara Penerimaan Sosial Kelompok Kelas Dengan Kepercayaan Diri Pada Siswa Kelas I SLTP XXX Jakarta. Jurnal Pendidikan Triadik.
Sri Jarmitia, A. S. (2016). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kepercayaan Diri Pada Penyandang Disabiitas Fisik di SLB Banda Aceh. Jurnal Psikoislamedia.
Srie, W, P, Dina, S. (2013). Komunikasi Interpersonal Antar Siswa Di Sekolah Dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling.
Sugihartatik. (2018). Upaya Pengembangan Budaya Inklusi Untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Berkebutuhan Khusus. Journal Education Research and Development.
Triyanto, D. R. (2016). Pemenuhan Hak Anak Berkebutuhan Khusus di Sekolah Inklusi. Sekolah Dasar.
Ulyl Amri, Alizamar & Afrizal Sano. (2017). Kepercayaan Diri Siswa Penerima BSM (Bantuan Siswa Miskin) Dalam Belajar dan Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling (Studi Deskriptif Terhadap Siswa di SMP Negeri 22 Padang. Proceedings Internasional Counseling and Education Seminar.
Undang-Undang RI No. 20. 2003. Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Republik Indonesia.
Wela, A, Marjohan & Yarmis, S. (2012). Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi Pada Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling.
DOI: 10.24036/00275kons2020
Article Metrics
Abstract View : 570 timesPDF : 269 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.