Effectiveness of Group Guidance Services Using Self-Management Techniques to Prevent Addiction to Online Game Use (In SMA Negeri 2 Sungai Limau)
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Afath, A, Taufik & Ibrahin, I, (2015). Peningkatan Kematangan Emosi Anak Bungsu melalui Layanan Bimbingan Kelompok. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Volume 3. Nomor 2. hlm. 49-54.
Alizamar, A., Afdal, A., & Ifdil, I. (2017). Guidance And Counseling Services For Kindergarten Students. In International Conference Of Early Childhood Education (ICECE 2017). Atlantis Press.
Ameliya, R. S. (2008). Pelatihan Asertif untuk Mereduksi Perilaku Adiksi Online Game pada remaja. (Skripsi tidak diterbitkan). Bandung: Fakultas Ilmu Pendidikan. Jurusan Psikologi Pendidikan & Bimbingan Universitas Pendidikan Indonesia.
Ardi, Z., & Sukmawati, I. (2017). Social Media and the Quality of Subjective Well-Being ; Counseling Perspective in Digital Era. International Conseling and Education Seminar : The Responsibility of Counselor and Educator in Millennium Era, 28–35.
Desneli, Firman, & Sano, A. (2016). Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa melalui Layanan Informasi. Jurnal Educatio. Vol. 2 No. 2. hal. 8-13.
Facrurrozi, Firman, Ibrahim, I. (2018). Hubungan Konsep Diri dengan Disiplin Siswa dalam Belajar. Jurnal Neo Konseling. Vol. 1. No. 1. hlm. 1-6.
Fernanda, M. S., Sano, A, & Nurfarhanah. (2012). Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial dengan Hasil Belajar. Konselor: Jurnal Ilmiah Konseling. Volume 1. Nomor 1. hal. 1-7.
Firman, F. (2018b). Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Asertivitas Siswa.
Karneli, Y., Firman & Netrawati. (2018). Upaya Guru BK/Konselor untuk Menurunkan Perilaku Agresif dengan Menggunakan Konseling Kreatif dalam Bingkai Modifikasi Kognitif Perilaku. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 18. No. 2. hlm. 113-119.
Merriam, S.B & Caffarella, R.S. (2003). Learning In Adulthood: A Comprehensive Guide. San Francisco: Jossey-bass Publishers.
Nasution, J. A., Neviyarni, N., & Alizamar, A. (2017). Motif Siswa Memiliki Smartphone dan Penggunaannya. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 15.
Neitzel, J & Busick, M. 2009. Overview of Self-Management. Chapel Hill, NC.
Nengsih, Firman & Iswara, M. (2015). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap Perencanaan Arah Karir Siswa SMA Pembangunan Laboratorium Universitas Negeri Padang. Konselor. Volume 4, Nomor 3, hal 136-146.
Sari, A. P., Ilyas, A., & Ifdil, I. (2017). Tingkat Kecanduan Internet pada Remaja Awal. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 3(2), 45. https://doi.org/10.29210/02018190.
Yusuf, A., M. (2014). Metode Penelitian: Kuantitatif, Kualitatif, dan Penilaian Gabungan. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24036/00266kons2020
Article Metrics
Abstract View : 391 timesPDF : 326 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.