HUBUNGAN PENYESUAIAN DIRI DAN MOTIVASI BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR SISWA

Suryadi Suryadi(1*), Triyono Triyono(2), Arsida Nur(3), Mori Dianto(4),

(1) STKIP PGRI Sumatera Barat
(2) STKIP PGRI Sumatera Barat
(3) SD Negeri 016 Binangun Jaya
(4) STKIP PGRI Sumatera Barat
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan penyesuaian diri siswa, (2) mendeskripsikan motivasi belajar siswa, (3) mendeskripsikan prestasi belajar siswa, (4) menguji apakah terdapat hubungan antara penyesuaian diri, motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, (5) implikasi pelayanan bimbingan dan konseling  dalam meningkatkan penyesuaian diri, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis deskriptif korelasional. Populasi penelitian adalah siswa SMP Pembangunan Laboratorium UNP Padang kelas VII dan VIII tahun ajaran 2014/2015 yang berjumlah 443  orang, sampel sebanyak 210 orang, yang dipilih dengan teknik proportional stratified random sampling. Instrumen yang digunakan adalah kuesioner untuk penyesuaian diri dan kuesioner motivasi belajar. Data dianalisis dengan statistik deskriptif, regresi sederhana dan regresi ganda. Temuan penelitian memperlihatkan bahwa (1) penyesuaian diri siswa secara umum berada pada kategori baik, (2) motivasi belajar siswa secara umum berada pada kategori tinggi, (3) prestasi belajar siswa berada pada kategori tinggi, (4) terdapat hubungan penyesuaian diri dengan prestasi belajar siswa, (5) terdapat hubungan motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, (6) terdapat hubungan penyesuaian diri, motivasi belajar dengan prestasi belajar siswa, dan (7) implikasi hasil penelitian dijadikan sebagai masukan untuk membuat program layanan bimbingan dan konseling yang dapat meningkatkan penyesuaian diri, motivasi belajar dan prestasi belajar siswa.

Keywords

Penyesuaian Diri, Motivasi Belajar, Prestasi Belajar

References

Achyar. 2001. Anak Berbakat. Com. (Online), (http://Gifted Learnes.com/2010/08/21/penyesuaian-diri-dengan-prestasi-belajar, diakses tanggal 25 Februari 2015).

Asrori, M. 2007. Psikologi Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Fatimah, E. 2006. Psikologi Perkembangan. Bandung: Pustaka Setia.

Nurkencana, W. 1993. Pemahaman Individu. Surabaya: Usaha Nasional.

Pasmawati, H. 2012. “Penyesuaian Diri Mahasiswa dalam Belajar dan Prestasi belajar Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan dan konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Purwanto, N. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: Sinar Baru Algesindo.

Rahmi, A. 2012. “Konsep Diri, Motivasi Belajar Siswa Membolos dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling”. Tesis tidak diterbitkan. Padang: Program Pascasarjana UNP.

Sardiman, A. M. 2012. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana, N. 1996. Rahasia Sukses Belajar. Jakarta: Raja Grafindo.

Sugeng, H. 2003. Perkembangan Peserta Didik. Semarang: IKIP Semarang Press.

Sugiyono. 2007. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Surya, M. 2004. Psikologi Pembelajaran dan Pengajaran. Bandung: Pustaka Bani Quraisy.

Tallent, N. 1978. Psychologycal Adjusment Understanding One Self and Other. New York: D Van Nostran Co.

Tu’u, T. 2004. Peranan Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: Gramedia Widiasarana.

Undang-Undang RI, Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. 2004. Jakarta: Grafika Ofset.

Winkel, W. S. 1983. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Yogyakarta: Gramedia.

Yusuf, A. M. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan Penelitian Gabungan. Padang: UNP Press.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00252kons2020
10.24036/00252kons2020

Article Metrics

Abstract View : 1172 times
PDF : 590 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.