Peningkatan Hasil Belajar Muatan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada Tema Globalisasi melalui Metode Kooperatif Tipe Stad di Kelas VI Sekolah Dasar Negeri 14 Luhak Nan Duo

Dewi Lusiana(1*), Firman Firman(2), Neviyarni Neviyarni(3), Irdamurni Irdamurni(4),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(4) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendapatkan informasi dan membahas tentang peningkatan hasil belajar muatan IPS pada tema globalisasi melalui penggunaan model Kooperatif Tipe STAD di kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) sebanyak dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, refleksi. Sasaran penelitian ini adalah Peserta didik kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo pada semester I tahun ajaran 2019/2020 yang berjumlah 25 peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan lembar observasi, catatan lapangan, tes, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan persentase dan reduksi data. Hasil penelitian menujukkan bahwa melalui model Kooperatif Tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik pada muatan IPS tema globalisasi di kelas VI SDN 14 Luhak Nan Duo.

Keywords

Hasil Belajar; Ilmu Pengtahuan Sosial; Metode; Kooperatif Tipe STAD

References

Kunandar. 2011. Langkah Mudah Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Rajawali Pers

Nana Sudjana. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PTRemaja Rosdakarya

Nur Asma. 2006. Model Pembelajaran Kooperatif. Jakarta: DEPDIKNAS

Pribadi, Benny. (2009). Model Desain Sistem Pembelajaran. Jakarta: PT Dian

Rudy Gunawan. 2011. Pendidikan IPS: Filosofi, Kosep dan Aplikasi. Bandung:Alfabeta

Rusman. (2011). Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: PT. Rajagrafindo Persada

Sapriya. (2009) Pendidikan IPS. Bandung: Rosda Karya

Slameto, 2010.Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Trianto. 2010. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep,Landasan, dan Implementasinya pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP).Jakarta: Kencana.


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00240kons2020
10.24036/00240kons2020

Article Metrics

Abstract View : 552 times
PDF : 324 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.