PENGGUNAAN MODEL PEMBELAJARAN TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DI SEKOLAH DASAR

Eldi Fajri N, Firman Firman, Neviyarni Neviyarni, Irdamurni Irdamurni

Abstract


TulisanĀ  ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa melalui model pembelajaran kooperatif tipe Teams Games Tournament (TGT). Model pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan motivasi siswa dalam belajar. siswa lebih tertantang dan bisa berkerja sama dengan teman-temanya sehingga motivasi mereka meningkat, dengan meningkatnya motivsi belajar siswa maka hasil belajar siswapun juga akan meningkat. Untuk itu guru harus menerapkan model-model pembelajaran yang dapat meningkatkan perilaku prososial anak sekolah dasar.

Keywords


Model Pembelajaran; Motivasi Belajar; Matematika

Full Text:

PDF

References


Agus Suprijono. 2010. Cooperative Learning: Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta. Pustaka Media

Anita Lie. 2002. Cooperative Learning. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia

Djamarah, Syaiful Bahri. 2002. Psikologi Belajar. PT. Rineka Cipta: Jakarta

Gistiatuti, Nurhizrah. 2017. Manajemen Pendidikan; Landasan Teori dan Pengembangannya. Padang :Sukabina Press.

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung : Pustaka Setia

Hanafiah, dan Cucu Suhana. 2009. Konsep Strategi Pembelajaran. Bandung: PT Refika aditama

Nurulwati. 2000. Model-model Pembelajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Pemerintah Republik Indonesia, 2005. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 tahun 2005 Standar Nasional Pendidikan. Jakarta

Permendikbud No. 67 Tahun 2013 Tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum Sekolah Dasar/Madrasah Ibtidaiyah.

Permendiknas No. 41 Tahun 2007 tentang Standar Proses Untuk Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Poppy Kamalia Devi, dkk. 2009. Pengembangan Perangkat Pembelajaran untuk Guru SMP. Bandung: PPPPTK IPA

Respati, A. D. (2013). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe TGT untuk meningkatkan prestasi belajar akuntansi. Jurnal Penelitian UNS. 1 (2), hlm. 1-10.

Rusman, 2012. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Saco. 2006. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme guru. Jakarta.

Siagian, Sondang P. 2004. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Slavin, R. E. 2010. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik. Bandung: Nusa Media.

Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Laerning. London: Allymand Bacon

Solihatin, Etin dan Raharjo. 2007. Cooperative Learning Analisis Model Pembelajaran IPS. Jakarta : Bumi Aksara.

Tarigan, R., Gultom, V. 2012. Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournamen Terhadap Hasil Belajar IPA Fisika Di SMP Negeri 1 Percut Sei Tuan, Jurnal Penelitian Inovasi Pembelajaran Fisika 4: 50-55

Uno, Hamzah B. 2007. Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar. Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara

Urdan Timothy C. and dan Stuart A. Karabenick. 2010. The Decade Ahead: Applications And Contexts Of Motivation And Achievement. UK: Emerald Group Publishing Limited

Wina Sanjaya. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Winardi. 2001. Motivasi & Pemotivasian dalam Manajemen. Jakarta : PT. RajaGrafindo Persada




DOI: http://dx.doi.org/10.24036/00239kons2020

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.