Altruistic Behavior of Students in SMA N 1 Kampung Dalam Padang Pariaman Regency and The Implication in Guidance and Counseling
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Apriliyanti, A., Mudjiran, & Ridha, M. 2016. Hubungan Konsep Diri Siswa Dengan Tingkah Laku Sosial Siswa.IICET. BK FIP UNP.
Aswida, W., & Syukur, Y. 2012. Efektifitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Mengurangi Kecemasan Berkomunikasi pada Siswa. Konselor, 1(2).
Desneli, Firman & Sano, A. 2016. Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Informasi. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2).
Fau, S., Firman & Mudjiran. 2016. Kontribusi Konsep Diri dan Motivasi terhadap Prestasi Belajar Bahasa Inggris serta Implikasinya dalam Penyusunan Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling di Bidang Belajar. Jurnal Konselor, 5(4).
Fiana, F.J., Daharnis ., & Ridha, M. 2013. Disiplin Siswa Fiana, F.J., Daharnis ., & Ridha, M. 2013. Disiplin Siswa di Sekolah dan Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(3), 26-33.
Firman & Khairani. 2018. “Empati dan Motif Altruistik Guru Pembimbing dalam Membantu Siswa Menanggulangi Masalah Sosial di SMU Kodya Padang”. Jurnal BK FIP UNP.
Gustia, Y & Sukmawati, I. 2019. Relationship Between Parenting Style and Student Creativity and Implications for Guidance and Counseling Services. Jurnal Neo Konseling. 1(1).
Melchioriyusni., Zikra., & Said, A. 2013. Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 1(2), 102-108.
Melka, F. D., Ahmad. R., & Firman., Syukur, Y., Sukmawati, I., & Handayani, P.G. 2018. Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Neo konseling.
Miaz, Y. 2011. Penerapan Pendidikan Karakter di Sekolah (Implementing Character Education in Schools). Prosiding Seminar Internasional Etnik Serumpun Indonesia-Malaysia. PGSD FIP UNP Padang.
Mubtadiin, A. 2016. Pengaruh Pola Asuh Demokratis terhadap Perilaku Altruisme pada Prodi Keperawatan SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo Kabupaten Malang. Skripsi diterbitkan. Malang: UIN Maulana Malik Ibrahim Malang.
Mulia, S.W. & Said, A. 2019. Relationship of Emotional Maturity with Social Interaction of Student in SMP N 1 Ranah Batahan Pasaman Barat. Jurnal Neo Konseling, 1(4).
Nisfiannoor, M & Kartika, Y. 2004. Hubungan antara Regulasi Emosi dan Penerimaan Kelompok Teman Sebaya pada Remaja. Jurnal psikologi, 2(2), 160-177.
Nurhidayati, T. 2012. Empati dan Munculnya Perilaku Altruistik pada Masa Remaja. Jurnal Edu Islamika, 4(1), 101-123.
Rahman, A. A. 2014. Psikologi Sosial. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Ramanda, P & Syahniar. 2017. Interaksi Sosial Siswa Berprestasi dalam Belajar. Konselor, 6(2). 66-73.
Supardi, L., Mudjiran., & Marsidin, S. 2016. Kontribusi Konsep Diri dan Kebutuhan Berafilasi terhadap Interaksi Sosial Siswa Sekolah Menengah Pertama. JPPI (Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia), 2(1).
Tiyas, E.N. 2017. Pengaruh Empati Kepedulian Sosial pada Remaja. Skripsi diterbitkan. Universitas Muhammadiyah Malang.
Yulidar & Khairani. 2017. Meningkatkan Kepercayaan Diri Siswa dan Peran Konselor Sekolah. Prosiding. BK FIP UNP.
DOI: 10.24036/00186kons2019
Article Metrics
Abstract View : 246 timesPDF : 445 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.