Bystander Student's Perception about Bullying Behavior
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(3) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Astuti, Ponny Retno. (2008). Meredam Bullying. Jakarta: Grasindo.
Azhar, S. K., Sukmawati, I., & Daharnis, (2013). Persepsi siswa tentang layanan informasi kesehatan reproduksi remaja yang diberikan guru BK SMAN 1 Kubung. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1). 146-150.
Caravita, S., DiBlasio, P., & Salmivalli, C. (2009). Unique and interactive effects of empathy and social status on inovlvement in bullying. Social Deve-lopment. 18. 140–163.
Damantari, Destiana. (2011). “Perilaku Bullying pada Remaja di Sekolah ditinjau dari Jenis Kelamin”. Skripsi tidak diterbitkan. Surakarta: Fakultas Psikologi Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Febriani, R., Ibrahim, Y., & Ifdil. (2015). Hubungan persepsi siswa tentang proses peminatan dengan aspirasi karir siswa. Jurnal Konseling dan Pendidikan. 3(1), 29-34.
Fitri, Y., Firman, F., & Karneli, Y. (2016). Efektifitas layanan informasi dengan pendekatan role playing untuk meningkatkan penyesuaian sosial siswa kelas VII SMPN 3 Batusangkar. Jurnal Konseling. 1(1), 1-10.
Fitria, A., Sukma, D., & Daharnis (2013). Persepsi siswa tentang perilaku seksual remaja dan implikasi terhadap pelayanan bimbingan dan konseling. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1). 202-207.
Halimah, A., Khumas, A., & Zainuddin, K. (2015). Persepsi pada bystander terhadap intensitas bullying pada siswa SMP. Jurnal Fakultas Psikologi Universitas Negeri Makassar. 42(2). Agustus 2015.
Hurlock, Elizabeth B. (1973). Psikologi Perkembangan: Suatu Pendekatan Sepanjang Rentang Kehidupan. Jakarta: Penerbit Erlangga.
Indrakusuma, Amir D. (1973). Pengantar Ilmu Pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Pepler D. J., & Craig W. M. (2000). Making A Difference In Bullying. LaMarsh Report 59. Toronto: York University.
Pradja, Sastra. M. (1978). Kamus Istilah Pendidikan Dan Umum. Surabaya: Usaha Nasional.
Pratama, R., Syahniar., Karneli, Y. (2016). Perilaku agresis siswa dari keluarga broken home. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1). 238-264.
Purwanti, W., Firman, F., & Sano, A. (2013). Hubungan persepsi siswa terhadap pelaksanaan asas kerahasiaan oleh guru BK dengan minat siswa untuk mengikuti konseling perorangan. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1). 347-353.
Purwanto, Ngalim. M. (2006). Ilmu Pendidikan Teoritis dan Praktis. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Salmi., Rezki, H., & Afdal. (2018). Hubungan kontrol diri dengan perilaku bullying Siswa. Jurnal Bimbingan dan Konseling. 8 (2). 88-99.
Salmivalli, C., Lagerspetz, K., Björkqvist, K., Österman, K., & Kaukiainen, A. (1996). Bullying as a Group Process: Participant Roles and Their Relations to Social Status Within The Group. Aggressive Behavior, 22(1). 1-15.
Santrock, John. W. (2003). Adolescence. Jakarta: Erlangga.
Sarwono, W. Sarlito. (2012). Pengantar Psikologi Umum. Jakarta: Rajawali Pres.
Sihotang, N., Yusuf, A, M., & Daharnis,. (2013). Pengaruh layanan Bimbingan Kelompok terhadap Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi Eksperimen di SMP Frater Padang). Jurnal Ilmiah Konseling. 2(4). 1412-9760.
Skinner, B., F. (1938). The Behavior of Organisms. New York: Appleton-Century-Crofts.
Sriwahyuningsih, V., Yusuf, A, M., & Daharnis (2016). Hubungan prasangka dan frustasi dengan perilaku agresif remaja. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(2). 38-51.
Yandri, H., Daharnis., & Nirwana, H. (2013). Pengembangan modul bimbingan dan konseling untuk pencegahan bullying di sekolah. Jurnal Ilmiah Konseling. 2(1). 98-106.
DOI: 10.24036/00181kons2019
Article Metrics
Abstract View : 333 timesPDF : 602 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.