Teenagers Resilience In Orphanage And Its Implications For Guidance and Counceling

Widya Permata Sari(1*), Afrizal Sano(2),

(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author




Abstract

The research was based on the condition of the teenagers in orphanages that lived without parent. They will surely encounter various obstacles and difficulties in dayli life. Then to handle these teenagers needed an ability called resilience. The purpose of this research is to describe the resilience of teenagers in Orphanage’s Shine Al-Falah Padang. The sampel in this research is 74 teenagers. The result of research showed that teenagers in orphan resilience by all aspect was in the high category. Teenagers orphan resilience seen from the aspect of emotion regulation, optimism, self-efficacy and reaching out was in the high category. And then, teenagers orphan resilience seen from the aspect impulsive control, causal analysis, and empati was in the medium category.

Keywords

Resilience; Teenagers in orphanages

References

Anita Novianty. 2011. Penyesuaian Diri Jangka Panjang Ditinjau dari Resiliensi Komunitas Pasca gempa. Jurnal Psikologi Vol 38: No 1

Bellatrix, D. R. Ratih, A. L. & Rina, R. 2016. Gambaran Resiliensi Remaja Panti Asuhan. Jurnal Psikologi. Jakarta: Universitas YARSI. Hlm 1-12

Denich, A. U., & Ifdil, I. (2015). Konsep Body Image Remaja Putri. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Padang UNP. Vol 3: No2

Desmita. 2016. Psikologi Perkembangan Peserrta Didik. Bandung: Rosdakarya

Dilla Astarini & Afrizal Sano. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Karakteristik Kepribadian Guru Bimbingan dan Konseling Dengan Minat Mengikuti Konseling Perorangan. Prosiding Seminar Bimbingan dan Konseling. Padang UNP.

Elida Prayitno. 2006. Bahan Ajar Psikologi Perkembangan Remaja. Padang: Angkasa Raya.

Fitrikasari, A. 2003. Determina Depresi pada Anak Remaja Studi pada Panti Asuhan SOS Desa Taruna Semarang. (Tesis). Semarang: Fakultas Kedokteran, Universitas Diponegoro. Diperoleh tanggal 2 April 2019 dari http://www.researchgate.net/.

Gusriko Hardianto, Erlamsyah & Nurfarhannah. 2014. Hubungan Antara Self-Efficacy Akademik Dengan Hasil Belajar. Jurnal. Padang UNP. Vol IV No 1.

Hidayat, Yusri & Asmidir Ilyas. Profil siswa Agresif dan Peranan Guru BK. Jurnal Konselor. Padang: UNP. Vol 2: No2

Ifdil & Taufik. Urgensi Peningkatan Dan Pengembangan Resiliensi Siswa di Sumatera Barat. Jurnal Ilmiah dan Pendidikan. Padang: UNP. Vol XII: No 2

Juliana, Indra Ibrahim & Afrizal Sano, 2014. Konsep Diri Remaja pada Masa Pubertas dan Implikasinya terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal konseling. Padang: UNP Vol.2: No 1

Monks, F.J., Knoers, A.M.P. & Haditomo, S.R. 2006. Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Monnalisza & Neviyarni. 2018. Kepercayaan Diri Remaja Panti Asuhan Aisyiyah Padang dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Padang: UNP. Vol 3: No 2.

Nurdiani Desra. & Zikra. Teenage Emotion In Junior High School Students And Their Implications For Guidance And Counseling Service. Jurnal. Padang: UNP. Vol 1. No 2

Nurfitria, L. H. 2014. Hubungan Antara Self-Esteem dengan Resiliensi pad Remaja di Panti Asuhan Keluarga Yatim Muhammadiyah Surakarta. (Skripsi). Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta. Diperoleh tanggal 2 April 2019 dari http://eprints.ums.ac.id

Ocha Lovencha. Z & Afrizal, Sano. Differences In The Emotionsl Regulstion Of Male And Female Students. Jurnal. Padang: UNP. Vol 1: No 3

Prayitno & Erman Amti. 2004. Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: LPTK. Semi-Que IV. Jakarta: Direktorat Pendidikan Tinggi Proyek Peningkatan Management Pendidikan Tinggi Departemen Pendidikan Nasional.

Puspitasari, Y. 2006. Hubungan antara Pemenuhan Kebutuhan Kasih Sayang dari Orangtua dengan Resiliensi pada Remaja. Diperoleh tanggal 1 April 2019 dari http://www.researchgate.net/.

Reivich, K & Shatte, A. 2002. The Resilience Factor. 7 Essential Skill for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Random House, inc.

Salmi, Rezki Hariko, & Afdal. Hubungan Kontrol Diri dengan Perilaku Bullying Siswa. Jurnal. Padang: UNP. Vol 8: No 2.

Silfia R. Asmidir Ilyas. & Nurfarhanah. 2014. Masalah-masalah yang Dialami Anak Panti Asuhan Dalam Penyesuaian Diri Dengan Lingkungan. Jurnal Psikologi Vol III: No 3, Hlm. 106-111

Siltami Elga Omala. Firman, & Taufik. 2018. Hubungan Empati dengan Agresifitas Siswa SMA Pertiwi 2 Padang Serta Implikasinya Dalam Layanan Bimbingan dan Konseling.Jurnal. Padang:UNP

Silvia Y. Efri, W. & Sheizi, P. S. 2018. Resiliensi Remaja dalam Menghadapi Perilaku Bullying. Jurnal Keperawatan BSI Vol. VI: No 1, Hlm. 77-86

Sofwan Adi Putra, Daharnis, & Syahniar. 2013. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dalam Meningkatkan Self-efficacy Siswa. Jurnal Ilmiah Konseling. Padang: UNP. Vol 2: No 2

Sona Idola. & Afrizal, Sano. Hubungan Antara Persepsi Siswa Tentang Keadaan Lingkungan Fisik Sekolah dengan Motivasi Belajar. Jurnal. Padang UNP. Vol 2: No 2

Taufik. 2016. Empati Pendekatan Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Venny Nilam sari. Mudjiran, & Yusri. 2014. Permasalahan yang Dihadapi oleh Anak Panti Asuhan di Kota Padang dan Implikasinya Terhadap Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan. Padang UNP. Vol 2:No 1


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00169kons2019
10.24036/00169kons2019

Article Metrics

Abstract View : 405 times
PDF : 402 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.