RELATIONSHIP BETWEEN ACADEMIC ANXIETY AND CHEATING BEHAVIOR ON STUDENTS IN SMP N 4 PADANG
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Alizamar. 2016. Teori Belajar dan Pembelajaran. Yogjakarta: Media Akademi
Aminah Ekawati. Pengaruh Kecemasan terhadap hasil belajar matematika siswa kelas VII SMP N 13 Banjarmasin. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol 1 Nomor 3 september 2015.
Asmidir Ilyas dan Ismael Mudar. 2002. Seri Keterampilan Belajar (Keterampilan Mengikuti Ujian). Padang: UNP
Astri Widiya Sari, Mudjiran dan Alizamar. Tingkat kecemasan siswa dalam menghadapi ujian sekolah ditinjau dari jenis kelamin, jurusan dan daerah asal serta implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. Jurnal Bikotetik. Vol 1 Nomor 2 tahun 2017, 37-72.
Dody Hartanto. 2012. Bimbingan dan Konseling menyontek mengungkap akar masalah dan solusi. Jakarta : Indeks
Endang Ningsih dan Firman.2017.Efektivitas layanan penguasaan konten melalui bimbingan kelompok dalam mengurangi perilaku mencontek saat ujian. UNP: Jurnal Neo Konseling Vol 1 Nomor 1
Febri Widiyatmoko Putro. 2016. Hubungan antara kecemasan akademik dengan Plagiarisme Pada Mahasiswa (Skripsi) Naskah Publikasi: Universitas Muhamadiyah Surakarta.
Hasanah, U., Ahmad, R., & Karneli, Y. (2017). Efektivitas Layanan Penguasaan Konten untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa. Jurnal Konseling. (143-144).
Hezy, D., Firman., & Ifdil. (2014). Peningkatan Motivasi Siswa dalam Menyelesaikan Tugas Melalui Layanan Informasi. Jurnal Konselor. Vol 3, No 3.
Indarto dan Masrun.Hubungan Antara Orientasi penguasaan dan Orientasi Performasi dengan Intensi Menyontek. Jurnal Psikologi. Vol 4 Nomor 11 September 2004.
Intan, Marjohan, dan Neviarni. Locus Of Control Dan Perilaku Menyontek
Serta Implikasinya Terhadap Bimbingan Dan Konseling . Jurnal Ilmiah Konseling Vol 2 Nomor 1 tahun 2013
Kaufman, Heather E.. Moral and Ethical Issues Related to Academic Dishonesty on College Campuses. Journal of College & Character, Volume 9, No.5, July 2008
Kiki Nurmayasari dan Hadjam murusdi. Hubungan antar Berfikir Positif dan Perilaku mencontek pada siswa kelas X SMK Koperasi Yogjakarta” jurnal Fakultas Psikologi, Vol 3, No 2 tahun 2015.
Mccabe, Donald.L. et.al. Academic Dishonesty in Graduate. Academy of Management Learning & Education, Vol. 5, No. 3, hal 243-247 September 2016
Mujahidah. Perilaku menyontek ditinjau laki-laki dan perempuan. Jurnal Psikologi.Vol 2 nomor 2 September 2009. 177-199.
Nevid dkk.2005. Psikologi Abnormal. Jakarta : Erlangga.
O’Connor. 2008. Frequently Asked Question About Academic Anxiety. New york. The rosen publishing group. terjemahan E-book.2008.
Poedjonugroho.2005. Biasa Menyontek melahirkan Koruptor.Kompas: Hal 49. Diakses pada 17 September 2018
Prayitno. 1997. Bimbingan dan Konseling (SLTP). Jakarta : Ikrar mandiri.
Prayitno. 2012. Jenis Layanan dan Kegiatan pendukung. Padang: BK FIP UNP
Prayitno.2002. Seri Latihan Keterampilan Belajar. Padang: FIP UNP.
Rusydan.2014. Menyontek yuk.... hmmm gak ahhh. Jakarata: Transmedia
Sari, Mudjiran, dan Yusri. Permasalah yang dihadapi oleh anak panti asuhan di Kota Padang dalam mengatasi kesulitan belajar Siswa di Sekolah Menengah Atas(SMA) Negeri. Jurnal Ilmiah Konseling. Vol 2 Nomor 1 tahun 2014
Slameto.2010. Belajar dan faktor-faktor yang mempengaruhinya.Jakarta : Rineka Cipta.
Supriyanti, Erlamsyah dan Zikra. Hubungan antara kecemasan dalam belajar dengan motivasi belajar siswa.Jurnal ilmiah konseling. Vol 2 nomor 1 januari 2013
Triantoro dan Nofrans.2012. Manajement Emosi. Jakarta : Bumi Aksara.
Virza Agustin, Afrizal Sano, dan Indra Ibrahim.Perilaku Menyontek Siswa SMA Negeri di Kota Padang serta Upaya pencegahan oleh Guru BK. Jurnal Ilmiah konseling. Vol 2 nomor 1 februari 2013.
Weri Ayu Darias, Yusri dan Frisca Meivilona. Hubungan Kecemasan akademik dengan motivasi belajar siswa SMA N 2 Padang. UNP. Jurnal Neo Konseling. Vol 2 No 1 September 2018
Yulianto Dirdjosumarto. Cheating anda Academic Dishonesty. Bandung: jurnal Ekspansi. Vol 8 Nomor 1 Mei 2016
Zarniati, Alizamar dan Zikra. Upaya guru Bimbingan dan Konseling dalam Meningkatkan kegiatan belajar peserta didik. Jurnla Ilmiah Konseling. Vol 3 Nomor 1 Tahun 2014
DOI: 10.24036/00162kons2019
Article Metrics
Abstract View : 886 timesPDF : 542 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.