Relationship Between Peer Pressure and Self Esteem in Adolescents
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Astarini, D., Nirwana, H., & Ahmad, R. (2016). Hubungan antara Konsep Diri Sosial, Persepsi Siswa tentang Dukungan Sosial Orangtua, dan Teman Sebaya dengan Komunikasi Interpersonal Siswa dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseli. Konselor, 5(4), 247-257.Baron, R. A & Byrne, D. (2004). Psikologi Sosial. Jakarta: Erlangga.
Bracken, B. A. (1996). Handbook of Self Concept. New York: John Wiley & Sons, Inc.
Boujlaleb, Nouhad. (2006). Adolescents and Peer Pressure. Al Khawayn University.
Diana, Syarifah. (2016). Hubungan Self Esteem dengan Penyelesaian Tugas Terstruktur Matematika pada
Siswa SMA Pembangunan Laboratorium UNP. Skripsi. Padang: Universitas Negeri Padang
Fernanda, M. M., & Sano, A. (2012). Hubungan antara Kemampuan Berinteraksi Sosial
dengan Hasil Belajar. Konselor, 1(2).
Gulati, Shruti. (2017). Impact of Peer Pressure On Buying Behavior. International Journal Of Research
Granthaalayah 5 (6)
Ilham, R., Ibrahim, Y., & Nurfahanah, N. (2016). Perilaku Sosial Siswa di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 3(4), 126-131.
Khoirunafik, Umi. (2018). Hubungan Harga Diri dengan Penyesuaian Sosial Pada Remaja. Skripsi. Surakarta: Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Melchioriyusni, M., Zikra, Z., & Said, A. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya
di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 102
Melka, F. D., Ahmad, R., Firman, Y. S., Sukmawati, I., & Gusri, P. (2018). Hubungan Kecerdasan Emosional dengan Penerimaan Teman Sebaya serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling.
Monks, F. (2006). Psikologi Perkembangan Pengantar Dalam Berbagai Bagiannya. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.
Mujiyati. (2015). Peningkatan Self Esteem Siswa Korban Bullying Melalui Teknik Assertive Training. Jurnal Fokus Konseling. 1 (1), 1-12.
Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah
Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic
Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79-90.
Pratama, R., Syahniar, S., & Karneli, Y. (2016). Perilaku Agresif Siswa dari Keluarga Broken
Home. Konselor, 5(4), 238-246.
Ramandani, Marisa Wati Riza. (2014). Hubungan Antara Tekanan Teman Sebaya Negatif (Negative Peer
Pressure) Dengan Kesejahteraan Subjektif (Subjective Well-being) Pada remaja Awal. Yogyakarta:
Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya Universitas Islam Indonesia
Restu, Y., Yusri, Y., & Ardi, Z. (2013). Studi Tentang Perilaku Agresif Siswa di Sekolah. Konselor, 2(1).
Santrock, J.W. (2005). Adolescence (10th ed). New York: McGraw-Hill.
Santrock, J.W. (2013). Adolescence (15th ed). New York: McGraw-Hill.
Sihotang, N., Yusuf, A. M., & Daharnis, D. (2016). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok terhadap
Pencapaian Tugas Perkembangan Remaja Awal dalam Aspek Kemandirian Emosional (Studi
Eksperimen di SMP Frater Padang). Konselor, 2(4), 186-192.
Soetjiningsih, Christiana Hari. Hubungan Orangtua-Remaja dan Self Esteem sebagai Prediktor Tekanan Teman Sebaya pada Remaja. Universitas Kristen Satya Wacana: Fakultas Psikologi
Tharsis, T.P. (2010). Living with Peer Pressure and Bullying. New York: Facts On File.
Uslu, M. (2013). Relationship between degrees of self-esteem and peer pressure in high school adolescents.
International Journal of Academic Research Part B; 117122
Yusuf, L & Chandra R, B. (2012). Harga Diri pada Remaja Menengah Putri di SMA Negeri 15 Kota
Semarang. Jurnal Nursing Studies, 1, 225-230.
Yusuf, Syamsu. (2014). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Ardi, Z., Ibrahim, Y., & Said, A. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok
Teman Sebaya dan Implikasinya terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan
Konseling. Konselor, 1(2).
DOI: 10.24036/00132kons2019
Article Metrics
Abstract View : 5078 timesPDF : 2561 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.