Students Academic Stress and Implications in Counseling
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Ardani, T.A. (2013). Catatan Ilmu Kedokteran Jiwa, 1st ed. Bandung: Karya Putra Darwati.
Ardi, Z., Ibrahim, Y., & Said, A. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling.Konselor, 1(2).
Barseli, M., & Ahmad, R. (2018). Hubungan Stres Akademik Siswa Dengan Hasil Belajar, 40–47.
Barseli, M., & Ifdil. (2017). Konsep Stres Akademik Siswa. Konseling dan Pendidikan, 5(3), 143148.https://doi.org/https://doi.org/10.29210/119800.
Desmita. (2012). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Fatimah, S. (2016). Efektivitas Konseling Kognitif-Perilaku Untuk Mereduksi Stres Akademik Peserta Didik Kelas XI Farmasi SMK Al-Wafa Ciwidey Kabupaten Bandung Tahun Ajaran 2014/2015. Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam Vol. 06, No. 01, 2016, 06(01), 98–122.
Heiman & Kariv. (2005). Task-oriented versus emotion-oriented coping strategies: the case of college students.College Student Journal, 39(1):72-89.
Ifdil, Taufik, & Ardi, Z. (2013). Kondisi Stres Akademik Siswa SMA Negeri di Kota Padang IICE-Multikarya Kons (Padang-Indonesia) dan IKI-Ikatan Konselor Indonesia-All Rights Reserved Indonesian Institute for Counseling and Education (IICE) Multikarya Kons, 143–150.
Melchioriyusni, M., Zikra, Z., & Said, A. (2013). Interaksi Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya di Sekolah dan Implikasinya terhadap Pelayanan BK. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 1(2), 102-108.
Minarsi, Nirwana, H. & Yarmis. (2017). Kontribusi Motivasi Menyelesaikan Masalah dan Komunikasi Interpersonal terhadap Strategi Pemecahan Masalah siswa Sekolah menengah. Jurnal Jurnal Penelitian Pendidikan Indoneisa. Vol. 3, No. 2, Tahun 2017 Hal. 1-14.
Natalia, Firman & Dharnis. (2015). “Efektifitas Layanan Informasi dengan Menggunakan Audio Visual dalam Meningkatkan Sikap Siswa Terhadap Kedisiplinan Sekolah”.JurnalKonselingdanPendidikan,3(2).
Netrawati, N., Khairani, K., & Karneli, Y. (2018). Upaya Guru BK untuk Mengentaskan Masalah-Masalah Perkembangan Remaja dengan Pendekatan Konseling Analisis Transaksional. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 2(1), 79-90.
Pedak, M. (2009). Metode Supernol Menaklukkan Stres.Jakarta: Hikmah.
Prayitno. (2008). Dasar Teori dan Praktis Pendidikan. Padang: UNP.
Putri, A. R. (2016). Hubungan Stres Akademik dengan Perilaku Agresif Remaja Di SMK N 5 Padang. Skripsi (tidak diterbitkan). Padang: Universitas Andalas.
Sagita, D. D. Daharnis. & Syahniar. (2017). Hubungan Self Efficacy, Motivasi Berprestasi, Prokrastinasi Akademik dan Stres Akademik Mahasiswa. Jurnal Biotetik, 01(02), 37–72.
Sahputra, D., Syahniar, S., & Marjohan, M. (2016). Kontribusi Kepercayaan Diri dan Kecerdasan Emosi terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa serta Implikasinya dalam Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Konselor, 5(3), 182-193.
Sandra, R., &Ifdil, I. (2015).KonsepStresKerja Guru BimbingandanKonseling.Jurnal EDUCATIO: JurnalPendidikan Indonesia. 1(1), 80 - 85
Sukardiyanto. (2010). Stress dan Cara Menguranginya. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Februari 2010, Th. XXIX, No. 1
Vafi Inayatillah. (2015). Hubungan antara Adversity Quotient dengan Kecenderungan Stres dalam Penyelesaian Tugas Akhir (Penulisan Skripsi) pada mahasiswa. Skripsi(Tidak Diterbitkan). UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wardi, R., & Ifdil, I. (2016).Stress Condition In Students Completing Thesis. GUIDENA: JurnalIlmuPendidikan, Psikologi, BimbingandanKonseling. 6 (2), 190 – 194
Wijono, S. (2010). Psikologi Industri dan Organisasi: dalam Suatu Bidang gerak Psikologi Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.
DOI: 10.24036/00130kons2019
Article Metrics
Abstract View : 2532 timesPDF : 2707 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.