Differences in Student Assertive Behavior in term of Gender
(1) Universitas Negeri Padang
(2) Universitas Negeri Padang
(*) Corresponding Author
Abstract
Keywords
References
Abdulkarim, A., Zainul, A., & Maryani, E. (2014). Perilaku Asertif dan Kecenderungan Kenakalan Remaja Berdasarkan Pola Asuh dan Peran Media Massa, 41(1), 74–88.
Afdal, Nirwana, H., & Wisma, Nur. (2018). Differences in Emotional Regulation of Bugis Student and Malay Cultural Background Imlications for Counseling and Guidance Services. Jurnal. Vol. 2 No. 1.
Ardi, Z., & Sisin, M. (2018). The Contribution of Assertive Technique Behavioral Counseling to Minimize the Juvenile Delinquency Behavior. Jurnal Konseling Indonesia. (Vol. 6, No. 2), 67-77.
Ardi, Z., I. Yulidar., & S. Azrul. (2012). Capaian Tugas Perkembangan Sosial Siswa dengan Kelompok Teman Sebaya dan Implikasinya Terhadap Program Pelayanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konselor. Vol.1 No.1.
Desneli, Firman, Sano, A. (2016). Peningkatan Penyesuaian Diri Siswa Melalui Layanan Informasi. Jurnal Education. (Vol.2, No. 2), 8-13, ISSN: 24770302.
Dewanty, I. R. (2017). Perbedaan Perilaku Asertif dan Harga Diri Ditinjau Dari Jenis Kelamin Di Polres Batu. Skripsi Jurusan Psikologi-Fakultas Pendidikan Psikologi UM.
Elida. (2006). Psikologi Orang Dewasa. Padang: Angkasa Raya.
Enggaliandhini, T. (2016). Perbedaan Tingkat Asertif Mahasiswa Fakultas Ilmu Olahraga dan Fakultas Ilmu Pendidikan Angkatan 2016 Terkait IPK, hal 213–220.
Fajri, Nurul., Nirwana, Herman., & Alizamar. (2019). Assertive Behavior of Minangkabau and Batak Implications in Development Services Social Capability. Jurnal Education. Vol.2 No.1.
Hasanah, AMA., Suharso., & Saraswati, S. (2015). Pengaruh Perilaku Teman Sebaya terhadap Asertivitas Siswa. Jurnal IJGC. Vol 4 No 1.
Ifdil. 2013. Konsep Dasar Self Disclosure dan Pentingnya Bagi Mahasiswa Bimbingan dan Konseling. Universitas Negeri Padang. Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan. Volume XIII No.1.
Kamanto, S. (2011). Pengantar Sosiologi. Jakarta: Lembaga Penelitian FE-UI.
Kurniasih. (2017). Tingkat asertivitas mahasiswa etnis sumba ditinjau dari jenis kelamin. Dissertation. Program Studi Psikologi.
Mariah, Kiki., Neviyarni, S., & Jamna, Jamaris. (2016). Efektivitas Pelaksanaan Bimbingan Kelompok dengan Pendekatan Konseling Realitas dalam Mengembangkan Penyesuaian Diri Siswa di Lingkungan Sekolah pada Siswa Kelas X SMAN 1 Sungai Tarab. Jurnal Konselor. Vol.5 No.2.
Marini, L., & Andriani, E, (2005). Perbedaan Asertivitas Remaja Ditinjau dari Pola Asuh Orang Tua. Jurnal. (Vol. 1, No. 2).
Pradinata, Yeltas & Yusra. (2017). Perbedaan Asertivitas Pada Mahasiswa Yang Aktif Berorganisasi Dan Yang Tidak Aktif Berorganisasi. Jurnal Riset Psikologi.
Rosita, H. (2007). Hubungan Antara Perilaku Asertif dengan Kepercayaan Diri. Jurnal. Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.
Santrock, J. W. (2008). Adolescence (Jilid 7). Terjemahan oleh Shinto B. Adelar & Sherly Saragih. Jakarta: Erlangga.
Sari, M., N, Yusri & Sukmawati, I. (2015). Faktor Penyebab Perceraian dan Implikasinya dalam Pelayanan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan. (Vol. 3, No. 1) hal.16-21.
Yulmirti. (2014). Dinamika Perilaku Asertif Menantu Perempuan Kepada Mertua
Perempuan yang Tinggal di Rumah Mertua di Minangkabau. Skripsi. Universitas Negeri Padang.
Zakiyah & Nurwidawati. (2017). Pengaruh Persepsi Mahasiswa Tentang Cara Mengajar Dosen Terhadap Perilaku Asertif Mahasiswa Psikologi Di Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi.
DOI: 10.24036/00115kons2019
Article Metrics
Abstract View : 315 timesRefbacks
- There are currently no refbacks.

This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.