Efektifitas Psikoedukasi Mindfulness Berbasis Singkat Untuk Meningkatkan Resiliensi Terhadap Remaja di Panti Asuhan Putri Aisyah Banjarmasin

Farial Farial(1*), Eka Sri Handayani(2), Ainun Heiriyah(3),

(1) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(2) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(3) Universitas Islam Kalimantan Muhammad Arsyad Al-Banjari
(*) Corresponding Author




Abstract

Tak semua remaja bisa merasakan segala aspek seperti dukungan keluarga, fasilitas yang memadai, dan kondisi keluarga yang begitu nyaman sehingga remaja sebagai seorang anak akan sangat memungkinkan untuk menjadi remaja dengan pribadi yang positif dan berprestasi. Remaja sangat memerlukan keteladanan dan dukungan dari orang tua dan orang dewasa lainnya untuk mampu menghadapi tantangan dan cobaan hidup, sehingga menjadi remaja yang cenderung memiliki resiliensi yang tinggi. Kondisi mindfulness adalah kondisi individu yang secara sadar membawa pengalamannya ke kondisi saat ini dengan penuh rasa keterbukaan dan rasa penerimaan. Psikoedukasi merupakan pengembangan dan pemberian informasi dalam bentuk pendidikan masyarakat sebagai informasi yang berkaitan dengan psikologi sederhana atau informasi lain yang mempengaruhi kesejahteraan psikososial masyarakat.

Keywords

Mindfullness; Resiliensi; Panti Asuhan

References

Arikunto, Suharsini. 2006. Prosedur Penelitian (Suatu Pendekatan Praktik) Jakarta : Rineka Cipta.

Arif Gosita,1989, Masalah Perlindungan Anak, Akademi Presindo, Jakarta

Azwar, Saifuddin. 2006. Penyusunan Skala Psikologi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Azzahra. 2017. Pengaruh Resiliensi Terhadap Distress Psikologis Pada Mahasiswa. Jurnal Ilmiah Psikologi terapan (Vol.5 No.1)

Beck, A. T. & Brad, A. A. (2009). Depression: causes and treatment (Edisi kedua). Pennsylvania: University of Pennsylvania Press.

Bieling, P., Mccabe, R., & Antony, M. 2006. Cognitive Behavioral Therapy In Groups. New York London : The Guilford Press.

Corey, Gerald. 2003. Teori dan Praktek Konseling dan Psikoterapi. Bandung : Rafika Aditama.

Germer, C. K., Siegel, R. D., & Fulton, P. R. (2005). Mindfulness and psychotherapy. New York: The Guilford Press.

Gussak, D. (2009). The arts in psychotherapy comparing the effectiveness of art therapy on depression and locus of control of male and female inmates. The Arts in Psychotherapy, 36(4), 202–207. doi: 10.1016/j.aip.2009.02.004

Eley, D. S., Cloninger, C. R., Walters, L., Laurence, C., Synnott, R., & Wilkinson, D. 2013. The Relationship Between Resilience and Personality Traits in Doctors: Implications for Enhancing Well Being. PeerJ, 1, e216. https://doi.org/10.7717/peerj.216

Evans, S., Ferrando, S., Findler, M., Stowell, C., Smart, C., & Haglin, D. (2008). Mindfulness based cognitive therapy for generalized anxiety disorder. Journal of Anxiety Disorder, 22(4), 716-721. doi: 10.1016/j.janxdis.2007.07.005

Erford, B.,2016. 40 Teknik Yang Harus Dikuasai Konselor. Edisi Ke Dua. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Gladding, Samuel T.,2012. Groups a Counseling Specialty. New Jersey: Pearson Education, Inc.

Hartini, N. (2001). Deskripsi Kebutuhan Psikologis Pada Anak Panti Asuhan.Jurnal Psikologi.Vol 3 No 2. Hal 109-118.

Kabat-Zinn, J.,1994. Wherever You Go, There You Are: Mindfulness Meditation in Everyday Life.Paperback edition(2005) from Hachette Books. New york.

Kabat-Zinn, J.,2006. Coming toOur Senses: Healing Ourselves and The World Through Mindfulness.New York, NY: Hyerior.

Kartika, D. A. 2011. Resiliensi Pada Single Mother Pasca/Perceraian. Yogyakarta: Universitas Gunadarma.

Mahmood, K., & Ghaffar, A. 2014. The Relationship Between Resilience, Psychological Distress and Subjective Well- Being among Dengue Fever Survivors. Global Journal of Human-Social Science: A Arts & Humanities-Psychology, 14(10).

Nyklíček, I., Dijksman S. C., Lenders, P. J , Fonteijn, W. A., Koolen, J. J. (2014). A brief mindfulness based intervention for increase in emotional well-being and quality of life in percutaneous coronary intervention (PCI) patients: the MindfulHeart randomized controlled trial. Journal of Behavioral Medicine, 37(1), 135–144. doi: 10.1007/s10865-012-9475-4.

Purwanto, Edy. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Fakultas Ilmu Pendidikan. Semarang : Universitas Negeri Semarang.

Pedoman Panti Asuhan. 1979. Direktorat Kesejahteraan Anak dan Keluarga, Depsos RI

Rahmasari 2014, Harga diri dan Religiusitas dengan Resiliensi pada Remaja Madura Berdasarkan Konteks Sosial Budaya Madura. JPT Jurnal Psikologi Teori dan Terapan. Vol. 4 No. 2

Reivich, K., & Shatte, A. 2002. The Resilience Factor: 7 Essential Skills for Overcoming Life’s Inevitable Obstacle. New York: Broadway Books.

Richardson, G. E. (2002). The meta theory of resilience and resiliency. Journal of Clinical Psychology, 58, 307–321.

Savitri, W. C., & Listiyandini, R. A.,2017. “Mindfulness dan Kesejahteraa n Psikologis pada Remaja”.Psikohumaniora: Jurnal Penelitian Psikologi,2(1),43-59. http://journal.walisongo.ac.id/index.php/Psikohumaniora/article/view/1323

Supratiknya. 2011. Merancang Program Dan Modul Psikoedukasi. Universitas Sanata Dharma. Yogyakarta

Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D (20th ed.). Bandung: Alfabeta.

Sutoyo, Anwar. 2014. Pemahaman Individu. Observasi, Cheklist, Interviu, Kuesioner, Sosiometri. (Edisi Revisi). Cetakan I. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Puji R., A.. 2012. Perbedaan Tingkat Resiliensi Pada Remaja di SMA Dr. Musta’in Romly Payaman. Malang: UIN MALIKI.

Woolfolk, Anita. 2009. Educational Psychology Active Learning Edition. (Tenth Edition). Cetakan I. Yogyakarta :Pustaka Pelajar


Full Text: PDF

DOI: 10.24036/00635kons2022
10.24036/00635kons2022

Article Metrics

Abstract View : 419 times
PDF : 121 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.